August 31, 2019

Perpanjang SIM Jauh Sebelum Waktunya? Bisa

Dua hari lalu (29/8/19) saya memperpanjang SIM C. Sebenarnya masa berlaku SIM saya masih cukup lama, tersisa sekitar 3 bulan lagi, tetapi karena di periode berakhir itu saya (kemungkinan besar) sedang berada di Saudi, maka saya putuskan memperpanjangnya sekarang daripada saya harus mengurus pembuatan SIM baru lagi nantinya. 
 
Awalnya saya ragu bisa memperpanjang SIM, apalagi ketika browsing di google, cerita yang saya temukan tentang permohonan perpanjangan SIM jauh sebelum waktunya hampir semuanya berisi penolakan. Memang ada juga satu dua cerita keberhasilannya, tapi kisahnya kurang jelas dan infromasinya tidak memadai.

Surat izin mengemudi (sumber: tokopuas.com)
Karena belum mendapatkan jawaban yang memuaskan, akhirnya saya menelepon NTMC Polri di nomor (021) 500669 untuk memperoleh informasi yang valid dari sumber pertama. Jawaban dari petugas yang mengangkat telepon saya cukup memuaskan karena beliau bilang saya bisa memperpanjang SIM walau jauh dari waktu masa berakhirnya. Akan tetapi, saya hanya boleh memperpanjangnya di Satpas pusat, tidak bisa di Satpas pembantu atau layanan SIM keliling. Untuk saya yang tinggal di Tangerang Selatan, saya harus memperpanjangnya di Satpas SIM Daan Mogot.

Untuk memperpanjang SIM di Satpas Daan Mogot, kita harus mempersiapkan KTP (asli dan fotokopi 4 lembar) dan SIM (asli dan fotokopi 4 lembar). Kalau kamu lupa memfotokopi dokumen tersebut, tenang saja karena disana ada banyak fotokopian.

Proses perpanjangan dimulai dari periksa kesehatan. Hal ini agak berbeda dari layanan SIM keliling karena kata teman-teman saya, perpanjangan SIM di Layanan SIM Keliling tidak ada tes kesehatan (ya iyalah, gimana pula ada tes kesehatan di mobil yang seimprit).  Tetapi jangan khawatir, tes kesehatan yang dilakukan di Satpas Daan Mogot itu hanya tes mata untuk mengetahui kondisi kesehatan mata pengendara. Kamu boleh pakai kacamata kalau memang kesehariannya seperti itu. Yang penting kamu bisa melihat dan membaca huruf-huruf yang ditunjukkan nanti.

Kalau sudah selesai tes kesehatan, kita bisa lanjut ke Gedung Utama untuk mengurus perpanjangannya. Prosesnya sangat singkat, entah karena waktu itu tidak terlalu ramai atau memang sehari-harinya seperti itu. Saya hanya menghabiskan waktu sekitar 15 menit untuk mengisi formulir, difoto, sidik jari dan cetak SIM.

Untuk biaya, total biaya yang saya habiskan semuanya 95 ribu dengan rincian 25 ribu untuk tes kesehatan dan 70 ribu untuk biaya perpanjangan SIM. Biaya ini lebih murah daripada layanan SIM keliling dan Satpas Pembantu. Teman saya yang perpanjang SIM di layanan SIM keliling mengatakan biayanya 120 ribu sedangkan teman saya yang lain yang perpanjang di Satpas Pembantu katanya ken biaya 190 ribu.

Bagi kalian yang berada di luar Jakarta dan sekitarnya dan ingin memperpanjang SIM jauh dari masa berlakunya berakhir, mungkin bisa menelepon NTMC Polri dulu untuk memastikan dimana kalian bisa memperpanjang SIM kalian. Semoga sukses.

#Pondok Cabe - Tangsel


0 comments:

Post a Comment